Cegah Kecelakaan di Laut Saat Cuaca Ekstrem, Polres Bintan Intensifkan Pengawasan
Petugas kepolisian melakukan pengawasan laut

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Kepolisian Resor Bintan, Kepulauan Riau, membentuk tim patroli pantai untuk mencegah korban di laut saat cuaca ekstrem.

Kepala Seksi Humas Polres Bintan Iptu Alson di Bintan, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan instansi terkait pemerintahan dan perangkat desa untuk mencegah warga berenang saat gelombang laut tinggi yang disertai hujan deras dan angin kencang.

Salah satu pantai yang diawasi adalah Pantai Trikora di Desa Malang Rapat dan Desa Teluk Bakau.

"Kami tidak ingin ada lagi korban tenggelam di laut seperti yang terjadi baru-baru ini di Partai Trikora," katanya.

Alson juga mengimbau wisatawan domestik dan wisman untuk tidak berenang di laut selama musim angin utara. Gelombang di laut di Perairan Bintan mencapai 3—5 meter sehingga membahayakan keselamatan orang yang berenang.

"Tekanan air bawah laut juga tinggi sehingga membahayakan orang yang berenang," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan nelayan tradisional, terutama yang menggunakan kapal atau perahu kecil untuk tidak melaut saat cuaca ekstrem.

Ratusan nelayan sejak 2 bulan lalu tidak melaut saat gelombang laut tinggi. Namun, lanjut dia, masih ada sejumlah nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil nekat melaut.

"Satu orang nelayan tradisional Bintan baru-baru ini hanyut di hantam gelombang hingga ke Perairan Bangka Belitung. Beruntung nelayan tersebut dapat selamat setelah terombang-ambing selama 7 hari. Kami berharap kejadian yang sama tidak terulang lagi," ucapnya.

Alson juga mengingatkan warga yang tinggal di pesisir Bintan untuk mewaspadai angin kencang dan banjir rob. Warga diharapkan menebang pohon yang membahayakan keselamatan mereka.