BPBD Bangka Kini Kantongi Peta Wilayah Rawan Banjir
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung memetakan daerah rawan banjir guna mempermudah aksen penanggulangan dan penanganan.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka Ridwan mengatakan pemetaan daerah rawan banjir mengacu peringatan dini cuaca ekstrem di Kabupaten Bangka yang diterbitkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang.

Ia mengingatkan, telah terjadi hujan merata intensitas lebat di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka kategori waspada sampai kategori siaga di Kecamatan Sungailiat sejak Senin (30/1) hingga hari ini Selasa (31/1) sampai pukul 03.30 WIB.

"Sejak kemarin hingga saat ini, kami memaksimalkan pengawasan di lapangan dan menyiagakan personel unit reaksi cepat (URC) karena, hujan turun cukup lebat yang menyebabkan sejumlah ruas jalan dan pemukiman penduduk tergenang air meskipun relatif singkat air sudah surut," jelas Ridwan, Selasa 31 Januari dikutip Antara.

Berdasarkan data laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Bangka di lapangan Senin (31/1), terjadi luapan air hujan yang menggenangi sejumlah pemukiman penduduk dan jalan raya seperti di Desa Air Ruay Pemali, Pohin, Bukit Betung atau Kantor Bupati Bangka, lingkungan Air Hanyut dan di lingkungan Kampung Jawa Sungailiat.

"Selain mendata titik genangan air dan pemukiman warga terdampak, tim URC di lapangan juga membantu mengatur lalulintas pengguna kendaraan di ruas jalan yang tergenang air, membersihkan saluran air agar lancar mengalir dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat," katanya.