Antisipasi Bencana di Bangka, BPBD: Tebang Pohon Besar di Sekeliling Rumah
Taman kota dengan pohon besar rindang menjadi magnet warga Jabodetabek bersantai kala akhir pekan. (Antara-Aditya PP)

Bagikan:

BABEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka mengimbau warga mengantisipasi bencana alam yang diawali hujan lebat disertai angin kencang dengan memotong pohon besar di sekeliling rumah.

"Saya berharap jika sekeliling rumah warga terdapat pohon besar dan rawan tumbang hendaknya segera di tebang," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Nursi, di Sungailiat, Provinsi Bangka Belitung (Babel), dikutip dari Antara, Minggu 9 Oktober.

Nursi mengingatkan persoalan bencana alam merupakan menjadi tanggung jawab bersama. Dia mengatakan warga sebaiknya tidak lagi beranggapan pencegahan dan penanganan bencana alam merupakan tanggung jawab BPBD atau pemerintah.

Dalam kesempatan sama, Nursi mengatakan BPBD Bangka telah meningkatkan koordinasi guna melakukan pencegahan potensi banjir.

"Bagi warga yang berada di daerah rawan banjir, saya ingatkan agar memperhatikan kondisi saluran air yang berada di lingkungan tersebut, pastikan saluran tetap bersih tidak ada tumpukan sampah yang dapat menghambat air mengalir," tuturnya.

Koordinasi perlu dilakukan karena terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi bencana banjir saat musim penghujan seperti di Lingkungan Sidodi Sungailiat, Pasar Inpres, kawasan nelayan, Air Hanyut dan beberapa tempat lain.

"Meskipun banjir rob biasanya tidak terlalu lama, tetapi dapat merendam rumah warga," imbuhnya.

Jika bencana terjadi, Nursi mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan mitigasi. Dia menuturkan, BPBD telah mempersiapkan sejumlah personel yang disiagakan setiap saat turun ke lapangan guna mempercepat bantuan penanganan jika musibah terjadi.

"Saya minta jika terjadi bencana alam apapun bentuknya, masyarakat hendaknya segera melapor ke pihak kami atau melalui pemerintah terdekat agar segera mendapatkan bantuan," tandasnya.