Puluhan Rumah di Bangka Rusak Akibat Angin Kencang
Salah satu rumah warga di Bangka rusak akibat diterpa angin kencang Sabtu (15/4/2023). (ANTARA/HO-BPBD Bangka)

Bagikan:

BANGKA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung mencatat puluhan rumah warga rusak ringan dan berat karena diterpa angin kencang.

"Puluhan rumah warga rusak akibat tiupan angin kencang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan seperti di Kecamatan, Mendo Barat, di Desa Cit Riau Silip, Kecamatan Pemali dan Kecamatan Sungailiat," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka Ridwan dikutip ANTARA, Sabtu, 15 April.

Angin kencang yang disertai hujan deras di Desa Cit Riau Silip merusak delapan rumah warga kategori ringan dan berat. Di Kecamatan Mendo Barat tercacat dua rumah, di Desa Sempan Pemali satu unit rumah rusak ringan, satu rumah warga di Kecamatan Merawang mengalami kerusakan akibat tersambar petir.

Musibah yang sama terjadi di Kecamatan Sungailiat terdapat satu unit rumah warga di Lingkungan Limbang Jaya tertimpa pohon yang tumbang serta sembilan unit tenda Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan gedung juang roboh.

Ditaksir musibah yang merusak puluhan rumah warga dan tenda UMKM mencapai jutaan rupiah. Kerusakan rumah warga terdampak angin kencang sebagian besar pada bagian atap rumah yang lepas.

Diingatkan seluruh masyarakat tetap mewaspadai potensi bencana alam karena diprediksi angin kencang dan hujan deras masih akan terjadi.

"Jika terdapat warga yang mengalami musibah, saya minta segera melapor ke pemerintah desa dan kelurahan setempat atau langsung menghubungi petugas piket unit reaksi cepat BPBD yang disiagakan 24 jam," kata Ridwan.