Bangka Tengah Diterjang Angin Kencang, Ratusan Rumah Alami Kerusakan
Rumah warga di Bangka Tengah rata dengan tanah setelah diterjang angin kencang, Selasa 29 Maret. (ANTARA/Ahmadi)

Bagikan:

BANGKA TENGAH - Angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebabkan kerusakan. Ratusan rumah warga di Desa Kebintik, Kabupaten Bangka Tengah hancur akibat cuaca ektstrem tersebut.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengungkapkan, data sementara tercatat sebanyak 112 rumah mengalami rusak berat dan ringan.

"Rumah warga yang rusak itu terjadi pada dua dusun di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalanbaru," ujarnya saat meninjau lokasi kejadian, Selasa 29 Maret.

Satu orang dikabarkan mengalami luka berat dalam peristiwa itu dan empat unit rumah benar-benar hancur rata dengan tanah.

"Kita baru mendapatkan data sementara, saat ini petugas sedang bekerja baik melakukan pendataan rumah terdampak maupun mendirikan tenda darurat untuk mengevakuasi korban dalam peristiwa ini," kata bupati, melansir Antara.

Sementara itu Rita, seorang warga yang rumahnya juga terkena dampak angin kencang mengaku kejadiannya sangat cepat sekali.

"Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB, saat itu hujan gerimis dan sebelum peristiwa itu saya melihat angin berputar sangat kencang ke arah laut," katanya.

Rita mengaku rumahnya diterjang angin dan merusak bagian atap, namun sebelum kejadian dirinya bersama anggota keluarga yang lain sudah menyelamatkan diri keluar dari rumah.

"Sangat cepat sekali kejadiannya, ada suara gemuruh dan kemudian langsung menghantam atap rumah saya," pungkasnya.