Sempat Merosot Gegara Penolakan Timnas Israel di PD U-20, Elektabilitas Ganjar Kuat Lagi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/DOK Humas Pemprov Jateng via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkap elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menguat berdasarkan survei pada 11-14 April.

Padahal, angka ini sempat merosot setelah ia jadi kepala daerah yang menolak kehadiran Timnas Israel di Tanah Air saat Piala Dunia U-20.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut Ganjar dapat dukungan sebesar 16,5 persen dalam simulasi top of mind. Angka ini sangat dekat dengan perolehan suara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mencapai 16,3 persen.

Sementara nama lain, seperti eks Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan menempati posisi ketiga dengan dukungan 9,8 persen, Joko Widodo 9,2 persen, Ridwan Kamil 1,6 persen, dan nama-nama lain di bawah 1 persen.

"Namun, masih terdapat 42,2 persen responden yang belum menjawab," kata Deni dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 April.

Peningkatan dukungan bagi Ganjar terjadi di minggu pertama April, ungkap Deni. Dari yang tadinya elektabilitasnya hanya 13 persen, angka ini meningkat jadi 16,5 persen di minggu kedua.

"Prabowo Subianto mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama," ujarnya.

Sedangkan dukungan untuk Anies cenderung stagnan dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

Berikutnya, elektabilitas Ganjar makin besar mencapai 24,3 persen dalam format pertanyaan semi terbuka dengan 30 nama. Sementara itu, Prabowo Subianto mencatatkan dukungan sebesar 22,5 persen, Anies Baswedan 15 persen, Ridwan Kamil 6,8 persen, Erick Thohir 2,8 persen, Mahfud MD 2,8 persen, Sandiaga Uno 2,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Namun, masih ada 14,6 persen responden yang belum menjawab.

Dalam simulasi dengan 6 nama, Ganjar Pranowo tetap memimpin dengan perolehan suara sebesar 26,8 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 25,4 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Dalam simulasi ini, masih terdapat 11,1 persen pemilih yang belum menjawab.

"Dalam keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih," ujar Deni.

Survei SMRC ini diikuti 1.216 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon selular atau sekitar 79 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan pewawancara terlatih.

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1216 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.