PKS Sudah Dukung Anies Jadi Capres 2024, NasDem Sebut Koalisi Perubahan Tinggal Deklarasi Bersama
Perwakilan Tim Kecil Anies Baswedan Sudirman Said (tengah) bersama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman (kiri) dan Jubir PKS Pipin Sopian (kanan)/ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem mengatakan PKS sudah menyampaikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai kandidat calon presiden (capres) 2024. Dukungan tersebut juga sebelumnya dinyatakan Partai Demokrat saat tim kecil bakal calon koalisi berkumpul di kediaman mantan gubernur DKI Jakarta itu. 

Atas dukungan tersebut, Partai NasDem menyebut ketiga parpol hanya menunggu waktu melakukan deklarasi bersama.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, bersyukur kerja tim kecil bakal Koalisi Perubahan membuahkan hasil. Dengan begitu, kata dia, Anies sudah mendapatkan tiket maju Pilpres 2024.

"Kita bersyukur dan mengapresiasi bahwasanya eksistensi dari tim kecil Koalisi Perubahan selama ini itu membuncah,” ujar Willy Aditya kepada wartawan, Senin, 30 Januari.

Menurut Willy, dukungan yang disampaikan Demokrat dan PKS terhadap Anies sebagai simbol Koalisi Perubahan bukan sekedar lip service. Dengan adanya dukungan ini, kata dia, semakin memberikan kepastian terhadap Anies bisa berkontestasi di 2024.

“Orang boleh berkata apapun tapi kehendak Anies sebagai simbol perubahan yang menjadi denyut nadi keinginan publik, ya suatu langkah maju, memberikan kepastian lah,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR ini.

Selanjutnya, sambung Willy, dukungan-dukungan ini harus diikuti dengan deklarasi oleh masing-masing parpol. Baru kemudian dilakukan deklarasi bersama untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

“Ya, tentu akan diikuti deklarasi oleh masing-masing partai dulu, abis itu baru momentum deklarasi bersama,” jelasnya. 

Terkait deklarasi akan dibarengi dengan pengumuman calon wakil presiden (cawapres) atau tidak, Willy menegaskan, koalisi terlebih dulu akan mendeklarasikan Anies sebagai Capres 2024.

“(Deklarasi, red) Pak Anies dulu,” kata Willy.