PKS: Secara Eksplisit Kami Mendukung Bapak Anies Baswedan Capres 2024
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon (Bacapres) Presiden 2024 (Foto: Jehan/VOI)

Bagikan:

TANGERANG - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon (Bacapres) Presiden 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Moh Sohibul Iman.

“PKS konsisten mendukung di Pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen. PKS akan memberikan dukungan kepada bapak Anies Baswedan sebagai capres,” kata Sohibul kepada wartawan di Swoewarna, Kota Tangerang, Senin, 30 Januari.

Sohibul menjelaskan pengusungan ini adalah bentuk sikap dari partai PKS untuk menjawab dinamika harapan atau ekpetasi dari publik soal Pilpres 2024.

"Kami sangat merasakan ada dinamika harapan atau ekspetasi dari publik terkait koalisi pendukung bapak Anies, sehingga mencapai angka presidential threshold. Secara eksplisit kami mendukung bapak Anies. Kami ingin pesan ini diketahui secara luas. Dan tidak lagi menimbulkan pertanyaan dan spekulasi ke mana arah PKS di 2024," ucapnya. 

Saat ditanya calon wakil presiden, PKS menyerahkan seenuhnya kepada Anies Baswedan sebagai capres. Baginya, hal yang terpenting sesuai tujuan dan masuk dari koalisi perubahan.

"Kami serahkan apapun itu ke Anies Baswedan, yang penting sesuai dengan arah koalisi ini," ucap dia.

Sementara, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky mengatakan, pihaknya menghargai keputusan yang telah diambil PKS untuk bacapres 2024, sehingga koalisi perubahan ini sudah sangat jelas.

"Soliditas kami ini luar biasa, ini untuk memenuhi harapan publik. Koalisi perubahan ini sudah jelas," tutup

Sebelumnya, Nasional Demokrat (Nasdem) telah resmi mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI 2024.

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti (AHY) menyampaikan secara resmi soal pengusungannya sebagai Bakal Calon Presiden 2024.