BPP Lampihong Balangan Kalsel Tanam Padi Sistem Apung Hindari Gagal Panen karena Banjir
Petugas Balain Penyuluh Pertanian (BPP) Lampihong saat berada di lokasi padi apung di Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Kamis (26/1/2023). ANTARA/erde

Bagikan:

BALANGAN - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggunakan  inovasi menanam padi dengan sistem terapung untuk menghindari gagal panen akibat banjir.

"Guna mencegah gagal panen akibat banjir kami menggunakan metode padi apung," kata Mantri Tani BPP Lampihong Azizul Hakim di Paringin dilansir ANTARA, Kamis, 26 Januari.

Menurut dia, metode tanam apung ini ditujukan untuk daerah yang rawan banjir serta daerah yang berjenis lahan rawa di Kabupaten Balangan, khususnya pada beberapa desa di Kecamatan Lampihong.

Lahan di Kecamatan Lampihong terdapat dua jenis yaitu lahan rawa dan lahan tadah hujan, pada lahan rawa inilah yang sering kebanjiran.

Saat ini tambahnya, terdapat dua desa di Kecamatan Lampihong yang sudah melakukan metode padi tanam apung tersebut dengan luas lahan sekitar 0,8 hektare yaitu Desa Pimping dan Trans Matang Hanau.

Metode menanam padi secara terapung sendiri adalah yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Balangan, saat ini sedang dalam masa percobaan di Kecamatan Lampihong.

Selain untuk mengantisipasi gagal panen ketika terjadi bencana banjir, metode ini juga ditujukan untuk lebih memanfaatkan lahan agar bisa ditanami padi tiga kali bahkan lebih pada kurun waktu satu tahun.

Azizul juga menjelaskan kendala dari tanam padi apung yaitu harga styrofoam atau gabus sintetis yang terbilang mahal, maka dari itu pihaknya akan terus berinovasi dengan memanfaatkan media yang ada seperti bambu ataupun media lain yang dapat mengapung di permukaan air.

"Nanti kami akan mencoba memakai rakit dari bambu sebagai media tanam," tuturnya.

Dia berharap kepada pemerintah daerah khususnya instansi terkait, dapat terus memberikan dukungan guna keberhasilan program yang tengah dijalankan ini.