Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta jika putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep berniat maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) 2024 dari partainya.  

Hal itu disampaikan Waketum PKB Jazilul Fawaid, menanggapi Kaesang Pangarep, yang tertarik terjun ke dunia politik.

Menurut Jazilul, keinginan Kaesang selaras dengan kiprah keluarganya di jalur politik. Diketahui, ayahnya merupakan seorang presiden yang berangkat dari kepala daerah, saudara kandung dan saudara iparnya juga menjabat sebagai wali kota. 

"Jempol buat Mas Kaesang yang niat terjun ke dunia politik. Ya, ibarat pepatah jawa 'kacang ra ninggal lanjaran', akarnya emang sudah di politik," ujar Jazilul saat ditanya soal Kaesang tertarik politik, Kamis, 26 Januari. 

Menurut Wakil Ketua MPR itu, secara tidak langsung Kaesang sudah terlibat dalam aktivitas berbau politik. Karena itu, Jazilul mengajak pemilik sekaligus direktur utama Persis Solo itu bergabung ke PKB. 

Jazilul mengatakan, PKB akan menyiapkan satu tiket untuk Kaesang ikut Pileg 2024, mau dapil DKI atau dapil yang lainnya.   

"Hemat saya, sambil belajar coba jajal dulu maju menjadi Bacaleg DPR RI, itu tahapan politik terdekat. Saat ini PKB sedang membuka pendaftaran Bacaleg, kalau Mas Kaesang tertarik monggo bergabung, kami siapkan Dapil DKI atau Dapil lainnya," kata Jazilul. 

Sementara untuk kontestasi Pilkada, menurut Jazilul, tahapannya masih jauh karena baru digelar pada November 2024. PKB, kata dia, belum membahas hal itu. 

"Hemat saya, kalau maju Pilkada masih jauh tahapannya, PKB belum bahas Pilkada. Namun, kami akan buka pintu pada saatnya," kata Jazilul.