Menlu Retno dan Menhub Guinea Bahas Peningkatan Hubungan Bilateral
Menlu Retno Marsudi (kanan) bertemu Menhub Guinea Felix Lamah (kiri) di Jakarta pada Selasa (24/1/2023). (ANTARA/HO-Kemlu RI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perhubungan Guinea Felix Lamah membahas peningkatan hubungan bilateral, khususnya di bidang industri strategis, infrastruktur, dan perhubungan dalam pertemuan di Jakarta.

Retno menyambut baik rencana penandatanganan letter of intent (Loi) di bidang transportasi antara Indonesia dan Guinea pada 26 Januari 2023.

“Kita wujudkan kesepakatan ini ke dalam kerja sama nyata, khususnya di bidang transportasi udara, maritim, dan darat (kereta api), baik secara government to government maupun business to business,” ujar Retno dalam keterangan tertulis Kemlu RI dilansir ANTARA, Selasa, 24 Januari.

Dia juga mendorong kerja sama antara BUMN Indonesia dengan mitranya di Guinea.

Kedua menteri juga membahas kerja sama pengembangan kapasitas, termasuk pengembangan industri penerbangan dan pendirian Guinea Air, yang antara lain dapat berupa pelatihan pilot, mekanik, dan perawatan pesawat.

Selain bertemu Menlu RI, Menhub Guinea berencana mengunjungi PT Dirgantara Indonesia untuk penjajakan dukungan pembentukan Guinea Air, dan PT Wika Industri Manufaktur untuk penjajakan kerja sama pengembangan industri kendaraan listrik.