Wisatawan China Ramai Kunjungi Nusa Penida dan Tanah Lot
Wisatawan mancanegara asal China tiba di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (22/1/2023). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Bagikan:

DENPASAR - Dibukanya kembali penerbangan China ke Bali sudah membawa angin segar bagi pengelolaan wisata di Pulau Dewata.

Asisten Manager DTW Tanah Lot, Tabanan, Bali, Putu Toni Wirawan mengatakan kunjungan wisatawan China/ Tiongkok tercatat belasan orang.

"Sejak hari Minggu kemarin ada beberapa, sekitar 13 sampai 17 orang dari China dan Taiwan. Beberapa saja yang masuk ke kawasan kita di Tanah Lot," kata Putu Toni, saat dihubungi, Selasa, 24 Januari.

Dia menyebutkan, sebelum pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan China sangat mendominasi dengan catatan per hari bisa mencapai ratusan orang

Wirawan berharap semakin banyak wisatawan China berlibur ke Tanah Lot setelah dibukanya penerbangan langsung ke Bali.

"Sebelum pandemi COVID-19 kunjungan China lebih banyak datangnya ke DTW Tanah Lot. Karena kunjungan China itu seperti kunjungan domestik. Kalau China datang itu pakai bus ada sampai dua atau  tiga bus kadang-kadang masuk ke DTW," ujarnya.

"Kita siap menerima kunjungan wisatawan China atau Tiongkok. Tapi kita tetap mengimbau kepada wisatawan untuk tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara, dikonfirmasi terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Wisata Nusa Penida, Nyoman Kariawan mengatakan kunjungan wisatawan China ke obyek wisata di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, per hari ini mencapai 125 orang.”

Sekitar 125 wisatawan China, baru hari ini saja," kata Kariawan.