Dinkes Tangsel Belum Temukan Laporan Keracunan Ciki Ngebul
Ilustrasi ciki ngebul/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes)Kota Tangerang Selatan memastikan hingga saat ini belum menerima adanya laporan kerecunan akibat jajanan ciki ngebul. Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Dinkes Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar.

“Hingga tanggal 15 Januari, tidak ditemukan laporan kasus keracunan pangan Nitrogen cair yaitu ice smoke,” kata Allin saat dikonfirmasi, Senin, 16 Januari.

Kendati demikian, Allin mengaku akan terus berupaya melakukan pencegahan penggunaan nitrogen cair pada bahan pangan siap saji khususnya ciki ngebul. Sebab, menghirup cairan nitrogen itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

“Menghirup banyak uap yang dihasilkan dapat memicu kesulitan bernafas yang cukup parah dan dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar bahkan dapat memicu kerusakan internal organ,” tutupnya.

Seperti diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Jawa Barat melakukan investigasi kasus keracunan makanan mengandung nitrogen cair, yang populer disebut "chiki ngebul", yang menimpa seorang anak di Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede.

"Sebelumnya kami juga telah melaporkan kejadian ini kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati.

Berdasarkan hasil penelusuran didapatkan informasi awal peristiwa ini terjadi pada Rabu, 21 Desember usai seorang anak berinisial A (4) mengonsumsi jajanan tersebut di lokasi pasar malam.