Kasus Korupsi Pembangunan Gereja Bupati Mimika Eltinus Omaleng Disidang Pekan Depan
KPK menahan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Mimika yang juga pejabat pembuat komitmen (PPK) Marthen Sawy./FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Bupati Mimika nonaktif Eltinus Omaleng bakal disidang pada Kamis, 19 Januari mendatang terkait korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32. Persidangan dilakukan setelah berkasnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

"Kasatgas Penuntutan KPK Ikhsan Fernandi Z telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan para terdakwa, yaitu Eltinus Omaleng," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat, 13 Januari.

Selain Eltinus, ada berkas milik Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Mimika yang merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) Marthen Sawy dan Direktur PT Waringin Megah (WM), Teguh Anggara. Berkas mereka dilimpahkan pada Kamis, 12 Januari kemarin.

Selanjutnya, penahanan ketiga terdakwa ini jadi wewenang pengadilan tipikor. "Dan tempat penahanan masih berada di Rutan KPK," tegas Ali.

Dalam kasus ini, KPK menduga ada ketidaksesuaian termasuk jangka waktu pekerjaan saat gereja dibangun dan kekurangan volume pekerjaan meski pembayaran sudah dilakukan. Akibatnya, negara merugi hingga Rp21,6 miliar dari nilai kontrak Rp46 miliar.

Selain itu, diduga terjadi berbagai pengaturan oleh Eltinus. Salah satunya menunjuk langsung PT Waringin Megah yang dipimpin Teguh Anggara.

Dari penunjukkan ini diduga terjadi kesepakatan pemberian fee sebesar 10 persen di mana 7 persen untuk Eltinus dan 3 persen Teguh.

Selain itu, diduga ada subkontraktor dari perusahaan lain yaitu PT Kuala Persada Papua Nusantara (KPPN) yang bekerja tanpa perjanjian kontrak. Eltinus disebut KPK turut menerima uang sejumlah sekitar Rp4,4 miliar dalam kasus ini.