Marak Pohon Tumbang di Gorontalo Utara, Polisi Ingatkan Pelintas Sulawesi Tak Parkir Sembarangan
Pohon tumbang di lintas Sulawesi wilayah barat kabupaten, Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur. (ANTARA/HO-Polres Gorontalo Utara)

Bagikan:

GORONTALO - Marak kejadian pohon tumbang imbas cuaca ekstrem yang melanda Gorontalo Utara dalam beberapa hari terakhir. Polisi mengingatkan agar pengendara kendaraan yang melintas waspada terhadap potensi tertimpa bencana.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara AKBP Juprisan Pratama Ramadhan mengimbau agar pelintas Sulawesi tidak berhenti atau memarkir kendaraan di sembarang tempat.

"Sebab biasanya, pengendara yang beristirahat memilih memarkir kendaraan di bawah pohon untuk mencari suasana rindang," katanya di Gorontalo, Jumat 13 Januari, disitat Antara.

Dia menjelaskan, pohon tumbang yang menutup badan jalan lintas Sulawesi bagian barat belum lama ini terjadi di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur.

"Cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan deras, berpotensi menyebabkan pohon tumbang. Warga diharapkan waspada, termasuk pelintas Sulawesi yang melewati daerah ini," ujarnya.

Dia bilang, beberapa titik pohon tumbang juga sempat terjadi di lintas Sulawesi lainnya. Akibat peristiwa itu kemacetan dari dua arah tidak terhindarkan lantaran pohon menutup badan jalan.

"Cukup rawan peristiwa pohon tumbang sehingga warga dan pengendara kendaraan wajib berhati-hati," imbuhnya.

Dalam penanganan pohon tumbang, selain petugas dari pemerintah setempat, Juprisan mengatakan aparat kepolisian juga ikut terlibat dalam tindakan pembersihan.

"Agar lalu lintas tidak terhenti dan membuat kemacetan panjang," tandasnya.