Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimin meminta Pemprov DKI mengecek seluruh pohon tua di Jakarta. Jika telah lapuk, pohon tua itu perlu ditebang.

Sebab, pohon tua rawan tumbang jika hujan deras mengguyur Jakarta.

“Dinas pertamanan perlu melakukan pemantauan pohon pohon yang rawan tumbang dan sudah usia tua untuk dipangkas atau dilakukan antisipasi dini,” kata Suhaimi saat dihubungi, Jumat, 5 Juli.

Pendeteksian pohon tua rawan tumbangdi Jakarta, lanjut Suhaimi, bisa meminimalisasi timbulnya korban. Selain itu, perlu juga ada kerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk mengetahui kondisi cuaca Jakarta.

“Untuk mengantisipasi kejadian alam ekstrem, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota harus selalu siaga, termasuk memantau dan kordinasi dengan BMKG,” tutur Suhaimi.

Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta Pada Rabu, 3 Juli sore hingga malam hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 27 pohon tumbang di 5 kota administratif Jakarta.

Rinciannya, terjadi 4 pohon tumbang di Jakarta Selatan, 3 pohon tumbang di Jakarta Utara, 7 pohon tumbang di Jakarta Barat, 12 pohon tumbang di Jakarta Selatan, dan 1 pohon tumbang di Jakarta Utara.

Puluhan pohon tumbang tersebut menimpa sejumlah objek, muuali dari kabel PLN, lampu penerangan jalan umum (PJU), atap lahan parkir, warung, bajaj, kabel optik, hingga atap rumah.