Bagikan:

GORONTALO - Truk tronton bermuatan alat berat berbobot 40 ton mengalami kecelakaan oleng menutup jalan di Puncak Pontolo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Akibatnya jalur lintas Sulawesi macet total.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, IPTU Nurmaya Kasim mengatakan, pihaknya mengalami kendala melakukan evakuasi truk meski telah memakai crane.

"Proses evakuasi dilakukan sejak pukul 11.00 WITA," katanya di Gorontalo, Selasa 20 Desember, disitat Antara.

Crane itu sengaja didatangkan dari wilayah Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, untuk mengevakuasi truk tronton bermuatan alat berat berkapasitas 40 ton itu.

"Namun truk tronton yang menutup seluruh badan jalan di lintas utama ibu kota kabupaten tersebut, belum berhasil dipindahkan," imbuhnya.

Truk dari arah Sulawesi Utara, menuju Kota Gorontalo, mengalami oleng saat akan menanjak di Puncak Pontolo. Nurmaya menduga pengendara mengalami kesulitan saat melintasi jalur dari bawah Puncak Pontolo yang berupa tikungan tajam.

"Tikungan tajam yang jika dilewati oleh kendaraan besar dan lebar, pengendara akan mengalami kesulitan jika tidak menguasai medan, sehingga kemacetan panjang dari dua arah tidak terhindarkan," katanya.

Pihak Satlantas Polres pun telah mengerahkan personel untuk melakukan rekayasa buka tutup jalan mengingat hingga Selasa 20 Desember sore.

Untuk upaya evakuasi lanjutan, dijadwalkan jalur perlintasan Sulawesi akan ditutup total mulai pukul 22.00 WITA hingga pukul 05.00 WITA

"Kami berharap, pelintas bisa mengantisipasi kondisi ini sehingga untuk sementara tidak melewati jalur Puncak Pontolo," tandasnya.