Tak Punya Septic Tank! Ratusan Rumah Warga di Belakang Istana Presiden Masih BAB Sembarangan
Ilustrasi jamban di permukiman warga pinggir kali atau sungai di DKI Jakarta. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan rumah warga di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat masih banyak yang tak miliki septictank atau jamban buang air besar (BAB) di rumahnya masing-masing. Ironi, tempat tinggal mereka berdekatan dengan Istana Presiden RI.

Miris, warga yang tidak memiliki septictank terpaksa BAB di MCK bersama di permukiman padat penduduk.

Lurah Kebon Kelapa, Nurbin Tumbur Togar mengatakan, di wilayahnya tercatat ada 100 rumah warga yang tidak punya septictank.

"Catatan kami ada 100 rumah warga yang tidak punya septictank atau saluran MCK masih secara ramai-ramai," katanya, Kamis, 12 Januari.

Selain di Kelurahan Kebon Kelapa, Pemkot Jakarta Pusat mencatat masih ada 7 kelurahan lainnya yang kedapatan warganya masih melakukan BAB disembarang tempat.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Pemkot Jakarta Pusat, M Fahmi membenarkan masih adanya rumah warga di delapan kelurahan yang tak miliki septictank.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah dua periode memimpin Indonesia. Jokowi adalah orang nomor satu di Indonesia, selama menjabat dia menghuni Istana Presiden. Di tengah upayanya membangun Indonesia agar lebih maju, warganya masih menggunakan toilet umum.