Separuh Menteri Baru Berlatar Pengusaha, Sinyal Jokowi Ingin Cepat Pulihkan Ekonomi
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin bersama para menteri baru (DOK. Instagram Jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Terdapat tiga dari enam menteri baru yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo memiliki latar belakang pengusaha, yakni Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri KKP, dan Muhammad Luthfi sebagai Mendag.

Sandiaga Uno adalah pendiri perusahaan investasi Saratoga. Ia juga pernah menjabat Ketua Umum HIPMI. Lalu, Trenggono merupakan pendiri PT Tower Bersama Infrastruktur. Sementara, Luthfi pernah memimpin asosiasi pengusaha HIPMI dan ikut membentuk kelompok usaha Mahaka Grup.

Melihat kondisi ini, pengamat politik dari SMRC menilai Jokowi memberi sinyal bahwa dirinya ingin ada percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

"Ini menyiratkan bahwa presiden memberikan kepada publik bahwa ke depan itu adalah fokus di bidang pemulihan ekonomi," kata Djayadi dalam diskusi webinar, Minggu, 27 Desember.

Hal ini diperkuat posisi Menteri Kesehatan yang baru diemban oleh Budi Gunadi Sadikin yang berlatar belakang bankir dan sempat menjadi Wakil Menteri BUMN. 

Menurut Djayadi, Jokowi ingin Kemenkes dipimpin oleh menteri yang memiliki keahlian manajemen yang kuat. Sebab, dalam waktu dekat, pendistribusian vaksin COVID-19 besar-besaran akan dilakukan.

"Tanpa kepemimpinan dan manajerial skill yang kuat dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi itu yang harusnya yang dipimpin oleh Kementerian Kesehatan itu akan sulit berlangsung," jelas Djayadi.

"Maka, dipilihlah orang seperti Budi sadikin yang dianggap memiliki kemampuan manajerial dan leadership skill yang memadai. Sehingga bukan hanya menangani pandemi, tapi juga bisa melakukan integrasi pada bidang ekonomi yang menjadi fokus utama pemerintahan ke depan," lanjut dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri barunya di Kabinet Indonesia Maju. Keenam orang ini dilantik pada Rabu, 23 Desember atau Rabu Pon jika menggunakan penanggalan Jawa.

Keenam menteri yang dilantik tersebut adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Choilil Qoumas alias Gus Yaqut sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.