BMKG Perkirakan Sumut, Riau Hingga Kalbar Diguyur Hujan Hari Ini
Ilustrasi hujan. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperikarakan Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Kalimantan Barat (Kalbar) berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang hari ini Rabu, 11 Januari.

Mengutip laman BMKG via Antara, sejumlah wilayah Indonesia lain juga berpeluang sama diguyur hujan pada hari ini. Wilayah itu di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang, yakni Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Semenanjung Malaysia, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan timur Filipina hingga Thailand bagian selatan, dari Aceh hingga Malaysia bagian selatan, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan dari Papua hingga Samudra Pasifik utara Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera hingga Sumatera Selatan, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi bagian timur, dan di Papua bagian selatan.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.