Bakar Gedung Disdukcapil Sembari Letuskan Tembakan, KKB Berulah Lagi di Pegunungan Bintang Papua
Warga mengungsi ke Mapolres Pegubin pada Rabu 11 Januari dini hari usai KKB bakar kantor Disdukcapil Pegubin. (ANTARA-HO-Polres Pegunungan Bintang)

Bagikan:

PAPUA - Polisi mengatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Kabupaten Pegunungan Bintang Papua.

KKB membakar Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pegunungan Bintang di Oksibil pada Rabu 11 Januari sekitar pukul 01.15 WIT.

"Benar KKB kembali melakukan pembakaran di Kantor Disdukcapil yang berada di Kabiding Lokasi III Distrik Oksibil," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Moh. Dafi Bastomi, Rabu 11 Januari, disitat Antara.

Dafi menyebutkan pelaku yang bertanggungjawab terhadap aksi pembakaran ini adalah KKB Kodap XXXV Bintang Timur. Mereka juga meletuskan tembakan sebanyak lima kali saat aksi pembakaran gedung milik pemerintah daerah ini.

Anggota kemudian berupaya mengamankan warga sipil yang tinggal di sekitar kawasan Kantor Disdukcapil ke Mapolres Pegunungan Bintang.

"Ada sebanyak 73 orang yang sempat mengungsi ke Mapolres," ujar Dafi.

Dia menyatakan, saat ini warga yang mengungsi ke mapolres sudah kembali ke rumah masing-masing. Api juga sudah dipadamkan sekitar pukul 03.15 WIT.

"Anggota TNI-Polri saat ini meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terkait situasi di wilayah Pegunungan," ujar Dafi.

Sebelumnya, KKB juga melakukan pembakaran terhadap gedung SMKN 1 di Kabupaten Pegunungan Bintang Papua. Pada hari yang sama Senin 9 Januari, KKB juga melakukan penembakan terhadap pesawat sipil.