Melongok Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Penting Perhatikan Lingkungan
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perhatian tetap harus diberikan saat membangun infrastruktur. Hal ini disampaikan Jokowi usai melihat terowongan gajah di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada hari ini, Kamis, 5 Januari.

"Dalam pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air saya juga terus mengingatkan pentingnya juga memperhatikan lingkungan. Seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Ada terowongan untuk melintas gajah," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 5 Januari.

Jokowi menyebut ada enam terowongan dibuat di bawah jalan tol agar tak mengganggu perlintasan gajah. Dalam tayangan itu, Jokowi sempat melihat kawanan gajah yang melintas di terowongan itu.

"Ini tidak mengganggu perlintasan gajah yang ada," tegasnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu bilang tempat lain juga harus mencontoh terowongan semacam ini. Tujuannya, agar kelestarian hewan di sekitar infrastruktur yang dibangun tidak terganggu.

"Misalnya melewati perlintasan harimau harus ada terowongan agar lintasan hewan liar tetap berjalan apa adanya," ujar Jokowi.

"Lintasan harimau, banteng, saya kira di beberapa tempat memang ada kita membangun terowongan lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi itu tetap menjaga kelestarian lingkungan satwa liar," sambungnya.

Adapun dalam peninjauan terowongan itu, Jokowi didampingi sejumlah menteri. Mereka di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir yang juga sempat melihat kawanan gajah melewati terowongan dari atas jalan tol.