Truk Pengangkut Semen Jatuh di Dermaga 5 Merak Dievakuasi
Truk pengangkut semen yang jatuh ke laut di Dermaga 5 Pelabuhan Merak berhasil dievakuasi oleh tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I Pangkalan TNI AL Banten. ANTARA/Mansur

Bagikan:

MERAK - Truk pengangkut semen yang jatuh ke laut di Dermaga 5 Pelabuhan Merak berhasil dievakuasi tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I Pangkalan TNI AL Banten.

"Kami bekerja maksimal dan berhasil mengangkat bangkai truk pengangkut semen itu ke darat menggunakan crane," kata Komandan Lanal Banten Kolonel laut (P) Dedi Komarudin, di Merak dilansir ANTARA, Rabu, 4 Januari. 

Truk pengangkut semen yang hendak naik ke atas kapal terjatuh ke laut di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Rabu (28/12/2022), setelah mengalami patah as roda hingga tersangkut di ramp door kapal.

Tim penyelam bekerja keras mengevakuasi truk tersebut, namun terkendala cuaca. Selain angin kencang dan gelombang tinggi serta arus bawah laut cukup deras. 

Ttim penyelam dari TNI AL yang melibatkan 11 personel pada hari keenam, akhirnya berhasil mengangkat bangkai truk dengan bobot hingga 20 ton ke darat menggunakan crane.

"Keberhasilan itu tentu berkat kerja keras tim penyelam untuk mengevakuasi truk semen yang jatuh ke laut di Dermaga 5 Merak," katanya.

Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I Kolonel Laut (P) Akhmad Fauzi mengatakan tim penyelam bekerja maksimal agar badan truk bisa secepatnya diangkat ke darat.

Namun, evakuasi pengangkatan badan truk tronton tersebut tidak mudah, karena derasnya air di dasar laut dan juga jarak pandang serta beratnya muatan semen.

Sebelumnya, tim penyelam sudah memasang tali sabuk yang diikatkan ke truk pengangkut semen dengan kedalaman 10 meter.

"Kami dengan kerja maksimal akhirnya berhasil mengangkat bangkai truk itu," katanya.