Crane Angkut Semen Patah Tewaskan Nelayan di Pelabuhan Kotawaringin Barat
TKP tewasnya nelayan tertimpa crane di pelabuhan rakyat, Kecamatan Kumai, Senin (5/12/2022). ANTARA/HO-Polairud Polres Kobar

Bagikan:

KALTENG - Satu orang tewas akibat peristiwa jatuhya satu unit crane pengangkut semen di pelabuhan rakyat di Kelurahan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Korban atas nama Asep Suwargini (40) yakni chief di KM Bintang Sejahtera 8," kata Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasatpolairud) AKP Roni Paslah, di Pangkalan Bun, Kalteng, Senin 5 Desember, dikutip dari Antara.

Menurut Kasatpolairud, peristiwa kecelakaan kerja itu terjadi pada Senin 5 Desember pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Terjadinya kecelakaan kerja di KM Bintang Sejahtera 8 tersebut, kata dia, berawal dari bongkar muatan kapal berupa semen dari kapal ke truk pengangkut.

"Setelah meletakkan angkutannya berupa semen ke truk, tiba-tiba as crane yang berada di kapal tersebut patah dan boomnya jatuh ke bagian kanan kapal," ujar Roni.

Pada kejadian itu, nelayan bernama Asep Suwargini sedang mengarahkan kapal kelotok yang ingin bersandar di pelabuhan. Crane yang patah seketika langsung mengenai Asep dan mengakibatkan korban meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Korban langsung dibawa ke RSUD Sultan Imanuddin menggunakan mobil ambulans untuk dilakukan visum," ujar Roni.

Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan pemasangan garis polisi serta melakukan pemeriksaan identitas korban serta saksi yang berada di lokasi.

"Kami masih melakukan pemeriksaan di TKP, untuk informasi selanjutnya akan kami infokan lagi," ujarnya pula.