KMP Dorothy Kandas, Kemenhub Pastikan Seluruh Penumpang Selamat
Proses evakuasi KMP Dorothy di Pelabuhan Merak (dok. Humas Kemenhub)

Bagikan:

MERAK - Kapal Feri KMP Dorothy mengalami kecelakaan di perairan Merak, tepatnya di alur masuk Pelabuhan Merak, Banten. Kementerian Perhubungan mengkonfirmasi kecelakaan tersebut diduga karena kelalaian nahkoda dan kru kapal.

"Saat itu kapal sedang menunggu perintah untuk masuk dengan kondisi mesin maju pelan, sembari menunggu KMP. Raputra Jaya 888 sandar di dermaga 3. Namun karena kondisi buoy merah padam dan tidak terlihat sehingga kapal terseret arus ke kiri dan kandas menempel ke buoy merah," urai Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangannya, Kamis, 25 Februari.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Kapal berangkat dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. 

Kapal berhasil ditarik ke dermaga sekitar pukul 00.45 WIB menggunakan tugboat. Seluruh penumpang berjumlah 48 orang dan muatan kapal saat itu antara lain sepeda motor 4 unit, kendaraan pribadi 5 unit, truk sedang 4 unit, truk besar 6 unit, tronton 4 unit, trailer 2 unit, berhasil dievakuasi. 

"KMP. Dorothy berhasil divakuasi pukul 00.45 WIB dan langsung di arahkan ke dermaga V Pelabuhan Merak untuk bongkar berlabuh dan melakukan pemeriksaan penyelaman pagi tadi," jelas Dirjen Budi.

Dijelaskan Dirjen Budi, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Ia berharap ke depannya agar semua operator dan petugas kapal lebih berhati-hati dan senantiasa memeriksa kondisi cuaca. 

"Ada baiknya untuk terus mengantisipasi cuaca buruk dan yang terpenting kita harus selalu prioritaskan keselamatan penumpang dalam melaksanakan layanan transportasi," pungkasnya.