Johnny Plate Prediksi Ada 4 Koalisi di Pilpres 2024, NasDem Gabung PKS, PDIP Usung Capres Sendiri
Menkominfo Johnny G. Plate (foto: dok. Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, memprediksi akan ada 4 koalisi dalam Pilpres 2024 mendatang. Pertama, adalah koalisi NasDem, PKS dan Demokrat. 

Sedangkan PDIP, menurut Johnny, bakal membentuk koalisi sendiri. Sebab partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu sudah memenuhi syarat mengusung capres tanpa berkoalisi, yakni parliamentary threshold (PT) 20 persen.

"Potensi potret koalisi adalah koalisi dalam koalisi, karena hanya ada 2 partai di luar koalisi, yang lain di dalam koalisi. Yang pasti, PDIP punya hak pencalonan pilpres karena sudah memenuhi persyaratan dasar PT," ujar Johnny dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia (IPI) secara virtual, Rabu, 4 Januari. 

Sementara, lanjut Johnny, jika Gerindra dan PKB jadi mendeklarasikan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, maka potensi 4 koalisi di Pilpres 2024 akan terwujud. 

Pasalnya, Partai Golkar, PPP dan PAN masih solid membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

"Kalau koalisi Gerindra terbangun dengan baik, maka ada koalisi Pak Prabowo. Juga kalau KIB terbangun baik ada koalisi KIB. Jadi ada potensi 4 koalisi di dalam koalisi saat ini," kata Johnny. 

Sejauh ini, menurut Johnny, mayoritas koalisi yang terbangun berada di dalam koalisi pemerintah. Karena hanya dua parpol yang berada di luar pemerintah. 

Oleh karena itu, Menkominfo itu mengingatkan seluruh parpol agar dapat menjaga soliditas pada pemerintahan 2024-2029 mendatang.

"Bersama-sana kontinuitas Pak Joko Widodo kita lanjutkan," tegasnya. 

Johnny lantas mencontohkan pemerintahan Jokowi yang soliditasnya sangat kuat. Menurutnya karena soliditas itu, pemerintah mampu mengatasi pandemi COVID-19 dengan baik. 

"Mengapa bisa terjadi? Karena leadership dan guidance Presiden dilakukan dengan benar kepada anggota kabinet dan penyelenggara negara dan didukung kuat secara politik. Ini yang buat kita berhasil menangani pandemi, ekonomi, karena ada soliditas nasional," pungkas Johnny.