Skywalk Kebayoran Lama Sudah Jadi Tapi Belum Dioperasikan, Ini Alasannya
Skywalk Kebayoran Lama/ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Nugroho menyebut pembangunan jembatan penyeberangan atau Skywalk Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sudah rampung.

Skywalk Kebayoran Lama dibangun untuk menghubungkan akses pejalan kaki antara Halte Transjakarta Velbak (koridor 13), Halte Transjakarta Kebayoran Lama (koridor 8), dan Stasiun KRL Kebayoran Lama.

Meski pengerjaan sudah rampung, namun Skywalk Kebayoran Lama masih ditutup. Alasannya, ada satu pengerjaan yang belum selesai, yakni revitaliasi Halte Kebayoran Lama yang terhubung dengan Skywalk Kebayoran Lama tersebut.

"Skywalk sudah 100 persen dari Desember (2022) kemarin. Tapi yang belum selesai (Halte Kebayoran Lama) koridor 8. Kalau yang koridor 13 (Halte Velbak) dan KCI (Stasiun Kebayoran Lama) sudah selesai," kata Hari di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 3 Januari.

Sejauh ini, progres revitalisasi Halte Kebayoran Lama masih mencapai 40 persen. Targetnya, halte itu akan selesai dibangun pada Februari mendatang.

"Insyaallah sebulan lagi selesai, sehingga bisa terkoneksi tiga moda (menggunakan Skywalk Kebayoran Lama)," ujar Hari.

Namun, kondisi Skywalk Kebayoran Lama yang ternyata menyusahkan masyarakat yang hendak berpindah moda antara Halte Velbak dan Stasiun Kebayoran Lama, Hari mempertimbangkan pembukaan jembatan penyeberangan tersebut dalam waktu dekat.

"Rencananya saya mau cek. Saya akan lapor Pak Pj (Gubernur), apakah akan difungsikan dulu sambil menunggu (pengerjaan Halte Kebayoran Lama) koridor 8 atau bagaimana," imbuhnya.