Pria Berseragam DLH DKI Jakarta Curi Gerobak Sampah
Pencuri gerobak kenakan seragam DLH DKI Jakarta/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria paruh baya berinisial D (50) nekat mencuri gerobak sampah di samping Pos RW 15, Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Pelaku mengenakan seragam Dinas Lingkungan Hidup yang diduga dipakainya untuk melancarkan aksinya.

Pria warga Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat itu tak berkutik saat aksinya berhasil dipergoki warga setempat. Pelaku pun diamankan dan warga melaporkan ke Polsek Tambora.

Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama menjelaskan, kejadian pencurian itu terjadi ketika pelaku yang menggunakan seragam UPK badan air, Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi DKI Jakarta. Bagian depan baju tertulis bertuliskan Jakarta Sadar Sampah.

"Baju ini adalah modus tersangka agar warga tidak curiga saat pelaku mencuri gerobak sampah," ujar Kompol Putra saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 3 Januari.

Sementara dari keterangan pelaku kepada polisi, pelaku sudah dua kali mencuri gerobak sampah. Pencurian gerobak sampah pertama diakukan di daerah Pademangan Barat dan pencurian kedua di samping pos RW 15 Kelurahan Tanah Sereal, Tambora.

"Peristiwa ini bermula pada saat Ketua RW 15 Habib Soleh A menghubungi Polsek Tambora melaporkan bahwa warganya berhasil mengamankan satu orang pelaku pencurian gerobak sampah milik Rw 15. Bhabinkamtibmas Aiptu Rusito langsung datang ke TKP," ujarnya.

Pelaku mengakui kesalahannya dan memohon maaf kepada warga.

"Pelaku mengaku memiliki tiga anak masih kecil dan membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya," ucapnya.