Jokowi Tak Bermasker di Pasar Tanah Abang, Menkes: Kalau Saya di Kerumunan Tetap Anjurkan Pakai
Presiden Jokowi bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/DOK FOTO: Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan penggunaan masker di ruangan tertutup tetap dianjurkan meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Apalagi, jika terdapat kerumunan.

Hal ini disampaikan Budi menanggapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak memakai masker saat berkunjung ke Pasar Tanah Abang, Senin, 2 Januari.

"Saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup kalau ada orang batuk itu kan ya, saya anjurkan (pakai masker, red)," kata Budi kepada wartawan, Senin, 2 Januari.

Namun, Budi tak mau banyak bicara perihal Jokowi yang kini tak bermasker. Dia hanya bilang, faktor keamanan tentu sudah diperhitungkan sebelumnya.

"Saya enggak tahu. Tadi saya enggak ikuti pasarnya apakah terbuka atau tertutup," tegasnya.

"Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya, aman-aman saja. Gitu ya," sambung Budi.

Presiden Jokowi mendatangi Pasar Tanah Abang bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dia juga tampak berinteraksi dengan warga saat kunjungan tersebut.

Sebelumnya, PPKM memang sudah dicabut pada Jumat, 30 Desember lalu. Pencabutan ini diumumkan Presiden Jokowi.

Namun, saat itu dia tetap mengingatkan penerapan protokol kesehatan harus dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. "Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan," tegasnya.

Selain itu, vaksinasi juga harus tetap dilakukan. Tujuannya agar imunitas melawan virus itu bisa tercapai.