BMKG Ramalkan Jakarta Pusat, Bandung Hingga Yogyakarta Diguyur Hujan Hari Ini
Ilustrasi hujan. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan hujan mengguyur Jakarta Pusat, Bandung, Yogyakarta dan kebanyakan kota besar di Indonesia hari ini Kamis 29 Desember.

Berdasarkan rilis prakiraan cuaca BMKG, dijelaskan lebih detail pada siang hari hujan diperkirakan turun di sejumlah wilayah di antaranya Kota Denpasar, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Pontianak, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Manokwari, Makassar, Padang, Palembang dan Medan.

Hujan dengan intensitas ringan disertai petir berpeluang mengguyur Kota Jambi, Serang, Bandung, Kupang, dan Bandar Lampung juga pada siang hari ini. Sedangkan Kota Bengkulu menghadapi potensi hujan lebat.

Pada siang hari ini cuaca cerah berawan diperkirakan akan terjadi di Kota Banda Aceh dan Jayapura, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Ambon, Ternate, Pekanbaru, Mamuju, Kendari dan Manado.

Malam harinya, berdasarkan laporan Antara, hujan ringan diprakirakan turun di Kota Denpasar, Serang, Yogyakarta, Bandung, Palangka Raya, Ambon, Ternate, dan Manokwari.

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Kota Semarang, Palembang, Banjarmasin, Bandar Lampung, dan Medan.

Cuaca kota besar lainnya pada malam hari diprakirakan berawan atau cerah berawan.

Suhu di kota-kota besar diprakirakan berkisar 19 sampai 33 derajat Celsius dan kelembapannya 55 sampai 100 persen.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah meminta warga mewaspadai kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi menjelang akhir tahun.

Menurut prakiraan berbasis dampak, selama periode 28 sampai 30 Desember 2022 sebagian Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur statusnya siaga menghadapi dampak hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana seperti banjir dan tanah longsor.