Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah mematangkan kesiapan menghadapi dampak bencana akibat cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi menjelang Tahun Baru 2023.

“Kami meminta Pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, TNI/Polri, BNPB-BPBD, Basarnas, BMKG, dan stakeholder lain yang terkait untuk memastikan kesiapan terhadap dampak bencana,” ujar Puan dalam keterangannya, Rabu, 28 Desember.

Sebelumnya, BMKG dan BRIN memprediksi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi mengalami hujan deras. Wilayah tersebut juga diperkirakan mengalami banjir akibat hujan.

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu mengingatkan agar kesiapan dampak bencana harus dilakukan dengan matang. Sehingga menurutnya, potensi jatuhnya korban bisa diperkecil.

Puan juga mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dan harus bisa memastikan keselamatan diri dan keluarga.

“Keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas. Jangan sampai ada celah terhadap kemungkinan terburuk,” tegas Puan.

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP itu menekankan pentingnya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana. Baik secara infrastruktur fisik dan sumber daya manusia. Sosialisasi mitigasi bencana, kata Puan, juga perlu dimasifkan.

“Semua pihak harus bergotong royong mengatasi bencana alam sehingga keselamatan rakyat dapat terjamin,” pungkasnya.