Soal Sosok Capres, Politisi Golkar Sebut KIB Tak Hanya Pilih Berdasarkan Hasil Survei
Politikus Partai Golkar Maman Abdurrahman. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Partai Golkar Maman Abdurrahman, mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah mulai membahas nama-nama sosok calon presiden (capres) yang berpotensi diusung pada Pilpres 2024.

"Sudah ada pembahasan di internal," ujar Maman, Sabtu, 24 Desember.

Maman mengatakan, nama-nama yang dilirik KIB tidak hanya didasarkan pada hasil survei tapi juga mempertimbangkan segala faktor. Namun, dia masih enggan mengungkap siapa sosok yang tengah dibahas dalam internal KIB yang diinisiasi Golkar, PAN dan PPP itu.

Menurutnya, pembahasan terkait capres tidaklah mudah. Sehingga soal nama-nama yang masuk bursa KIB masih dirahasiakan.

"Dinamika politik enggak sesederhana yang kita anggap, enggak bisa sekadar lihat hasil survei, enggak bisa dilihat dukungan partai, artinya kompleksitasnya ada," ungkap Maman.

Adapun aspek formal yang harus dimiliki capres KIB, kata Maman, sosok tersebut harus mendapatkan dukungan partai minimal 20 persen atau sebagaimana diatur dalam presidential threshold. Sementara, aspek nonformal tak terlepas dari persepsi publik atas tokoh tersebut seperti apa.

"Saya pikir pegangan kita di situ dulu," kata Maman.

Diketahui, hingga saat ini KIB belum memutuskan nama capres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Untuk sementara calon internal yang menguat adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Sementara calon eksternal adalah Ganjar Pranowo.