Tinjau Kesiapan Pelabuhan Bakauheni Hadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Menhub Beri Catatan ke ASDP
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Antara-Puspa)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan. Menhub memastikan penyeberangan melalui pelabuhan tersebut pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan lancar.

Menhub mengatakan pelayanan bagi pemudik pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Bakauheni sudah cukup baik. Dia pun mengaku senang melihat kegembiraan pelaku perjalanan di Pelabuhan Bakauheni.

"Saya hari ini senang melihat kegembiraan penumpang dan sopir-sopir dari kendaraan yang akan menyeberang," kata Menhub di Bakauheni, Lampung, Sabtu 24 Desember, disitat Antara.

Meski demikian, Menhub tetap memberi catatan kepada BUMN ASDP Indonesia Ferry. Menurutnya, ASDP harus lebih cepat lagi mengatur proses keluar masuk kendaraan dari maupun menuju kapal feri.

"Terutama untuk ASDP, adalah proses keluar dan masuk kendaraan agar dilakukan dengan lebih cepat,” kata dia.

Dia juga mengimbau, petugas ASDP agar lebih memperhatikan keselamatan dan keluar masuk kendaraan di dalam kapal.

"Oleh karenanya tadi dalam rapat saya minta Direktur Utama PT ASDP, menjaga tempat-tempat penyeberangan dari dermaga menuju kapal dengan suatu yang baik, mulai dari mempersiapkan jembatan maupun menjaga di situ," ujarnya

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, arus lalu lintas pada H-1 Natal 2022 di Pelabuhan Bakauheni tidak menemui kendala.

"Hari ini saya akan menyampaikan situasi arus lalu lintas, arus penyeberangan, tadi saya sudah melakukan pantauan udara dari Jakarta ke Merak sampai ke Pelabuhan Bakauheni secara umum situasi arus lalu lintas lancar," katanya.

Ia juga menyampaikan Polri mengerahkan personel se-Indonesia sebanyak 100 ribu personel untuk pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menurut dia, pengamanan dan pelaksanaan pada Natal dan tahun baru ini tidak hanya pengamanan lalu lintas saja.