Indahnya Keberagaman, 700 Anggota GP Ansor Jaga Gereja Saat Perayaan Natal 2022 di NTT
Ilustrasi anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser). (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nusa Tenggara Timur (NTT) ikut terlibat dalam pengamanan selama perayaan Natal 2022. Sebanyak 700 anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) terjun membantu aparat gabungan mengamankan gereja dan pusat keramaian di NTT.

“Dalam rangka partisipasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 kami terjunkan 700 personel untuk memberikan kenyamanan dan keamanan umat Kristiani yang merayakan Natal di NTT,” kata Pimpinan Wilayah GP Ansor NTT, Ajhar Kowe, di Kupang, NTT, Sabtu 24 Desember, disitat Antara.

Menurut Ajhar, membantu pengamanan Natal 2022 sekaligus Tahun Baru 2023 menjadi kegiatan rutin GP Ansor NTT.

Bser yang bertugas, ditempatkan di seluruh rumah ibadah di wilayah NTT. Ajhar bilang, Banser menjaga sekaligus melalukan tindakan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami tugaskan Banser di setiap tempat ibadah umat Kristiani khusus di gereja baik gereja Katolik maupun gereja Kristen Protestan," tuturnya.

Menurut dia, semua cabang GP Ansor sudah diinstruksikan untuk melakukan partisipasi Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2024 bersama polisi, TNI dan elemen lain sehingga pelaksanaan peribadatan umat Kristiani dapat berjalan lancar.

“Seperti sahabat -sahabat kami membantu jemaat dalam hal mengatur area parkiran, dan beberapa hal lain yang bisa dilakukan seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya,” ujar dia.

Mereka bersama polisi dan TNI dan elemen lain tetap melakukan hal-hal yang bisa dilakukan setiap tahun sifatnya partisipasi sesama antara umat beragama dalam rangka saling berpartisipasi bersama dalam pelaksanaan.

“Kita lakukan ini setiap perayaan hari besar keagamaan di setiap kabupaten," kata Ajhar

Dia pun berharap agar perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan lancar dan damai, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.