<i>One Way</i> dari Arah Ciawi, Jalur Menuju Puncak Bogor Ditutup Mulai Siang Ini
Ilustrasi lalu lintas di Puncak di Kabupaten Bogor. (Antara-Yulius S W)

Bagikan:

JABAR - Polres Bogor memberlakukan one way atau satu jalur di kawasan Puncak Bogor dari arah Cianjur ke bawah menuju Jakarta. Rekayasa lalu lintas itu diterapkan imbas kendaraan yang mulai memadati Puncak pada H-1 Natal 2022.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, penutupan jalur arah Jakarta menuju Puncak Bogor mulai diberlakukan hari ini, Sabtu 24 Desember, pukul 12.30 WIB. Penerapan diberlakukan hingga arus kendaraan terkuras.

"Kalau sudah terkuras kita buka lagi. Karena ini mulai padat di atas," katanya di KM 45 pintu keluar Tol Jagorawi, Bogor, Sabtu 24 Desember siang, disitat Antara.

Iman mengimbau agar masyarakat yang hendak ke arah Puncak Bogor memastikan terus memperbarui informasi lalu lintas agar tidak terjebak kemacetan.

Sementara, kata dia, petugas Satlantas di Puncak Pas juga akan mengawal pembukaan jalur, agar kendaraan-kendaraan yang melaju ke arah Jakarta melintas dengan tertib.

Polres Bogor juga memberlakukan ganjil genap pelat nomor kendaraan yang mulai diberlakukan pada Jumat 23 Desember pukul 15.00 WIB hingga Minggu 25 Desember pukul 24.00 WIB di Jalur Puncak pada Operasi Lilin Lodaya 2022 ini.

Selanjutnya pada pekan depan dengan waktu yang sama pada Jumat 30 Desember hingga Minggu, 1 Januari 2023.

Pantauan, polisi mulai menutup jalur ke arah Puncak Bogor di pintu keluar Tol Jagorawi KM 45 dengan memberi pembatas jalan sebanyak dua lapis.

Kendaraan roda empat atau mobil di Tol Jagorawi pun nampak landai atau tidak padat sejak pukul 9.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Kondisi tersebut pun berimbas hingga ke Simpang Gadog yang terpantau lenggang.

Baik sepeda motor maupun mobil terlihat dapat melaju di kecepatan sedang yakni 40 kilometer per jam.

Sementara, kendaraan dari arah Cianjur mulai memasuki Simpang Gadog terpantau ramai lancar tidak ada antrean kendaraan yang menumpuk.

Begitupun dari arah Ciawi menuju Puncak Bogor kendaraan sepeda motor maupun mobil nampak lengang.

AKBP Iman memprediksi kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak akan meningkat pada Sabtu 24 Desember sore hingga malam hari.

"Kita akan pantau, petugas selalu memantau lalu lintas di Puncak Bogor ini. Sore ini mulai padat sepertinya," tandasnya.