Polisi Berlakukan Satu Arah ke Puncak
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polres Bogor, Jawa Barat, memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) menuju kawasan Puncak. Belum tahu sampai kapan one way ini akan diberlakukan.

Penerapan satu arah ini dimulai dari Simpang Gadog, Jalan Megamendung-Ciawi, menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Dicky Anggi Pranata mengatakan, "one way" mulai diberlakukan pukul 07.30 WIB hingga arus lalu lintas yang padat dari arah Jakarta ke Puncak (arus bawah ke atas) kembali normal.

Dicky belum dapat memastikan lama penerapan "one way". Namun ia berharap titik simpul kemacetan dapat terurai tidak terlalu lama.

Saat ini, arus kendaraan dari Jakarta Raya menuju puncak diperkirakan berkisar pada angka 3.000 kendaraan.

Menurut Dicky, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu tak banyak digunakan sebagai jalur mudik, melainkan sebagai jalur wisata libur Lebaran 2022.

"Di Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) belum ada kepadatan, sementara masih aman. Terpantau yang arah ke Pelabuhan Ratu juga merupakan orang lokal. Artinya kiriman dari arah Jakarta Raya tidak terlalu besar," kata Dicky, Rabu 4 Mei dilansir dari Antara.

Namun, titik yang diprediksi bakal mengalami kepadatan justru di tempat wisata. Karena itu pihaknya sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang akan berwisata.

Contohnya ke Taman Safari Indonesia, bisa diambil jalur dari Lembah Nyiur atau dari Pasir Muncang.

"Jadi memang dalam kondisi yang nantinya titik kepadatan, kami juga sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Dicky.