Begini Penampakan Antrean Panjang Kendaraan di Gerbang Tol Ciawi 1 Pukul 07.45 WIB
Tangkap layar via CCTV Jasa Marga

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah kendaraan yang mengarah ke Ciawi, Cisarua hingga Puncak pagi ini sudah padat saja. Bahkan antreannya sudah mengular hingga jauh ke belakang Gerbang Tol Ciawi.

Dipantau dari CCTV Jasa Marga, Rabu 4 Mei, sekitar pukul 07.45 WIB, antrean yang terlihat di Gerbang Tol Ciawi 1 ini memang sudah sangat padat.

Antrean sudah terlihat sejak KM 43 yang mengarah ke Ciawi.

Selepas gerbang tol ini, antrean juga semakin menjadi-jadi. Dilihat dari CCTV, di KM 45+500 bahkan sudah diberlakukan juga sistem contra flow, namun belum bisa mengurai kepadatan.

Musim liburan selama Lebaran ini pihak Kepolisian terus berupaya menyediakan banyak akses jalan alternatif bagi masyarakat. Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, mencatat ada lima jalur alternatif menuju Puncak, Kabupaten Bogor, atau sebaliknya bagi para wisatawan saat libur Lebaran 1443 Hijriah.

"Jalur Puncak merupakan destinasi wisata, sehingga peningkatan arus volume terjadi di H+1 Lebaran," ungkap Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi.

Lima jalur alternatif tersebut yaitu, pertama, Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute arah Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar jalan enam meter.

Kedua, Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 55 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan meter.

Ketiga, Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar sekitar lima meter.

Keempat, Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, yaitu rute alternatif balik jalur Puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.