Aplaus, Polres Wonogiri Raih Penghargaan Predikat Wilayah Bebas Korupsi dari Kemenpan-RB
Kapolres Wonogiri Christian Tobing bersama jajarannya usai menerima predikat WBK 2020 dari Kemenpan dan RB (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polres Wonogiri meraih predikat wilayah bebas korupsi (WBK) wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) pada tahun ini.

Penghargaan dari Menpan RB tersebut diterima oleh KaPolres Wonogiri AKBP Christian Tobing secara virtual di aula Polres Wonogiri, Senin, 21 Desember.

Dilansir Antara, Senin 21 Desember, Menurut Christian, pembangunan zona integritas menuju WBK tersebut telah dirintis sejak 2017.

Ia mengatakan, keberhasilan meraih WBK tersebut merupakan hasil perjuangan panjang, usaha, dan kerja keras seluruh pihak.

Selain itu, kata dia, komitmen dari seluruh anggota polres yang mampu berkolaborasi, berkoordinasi, dan bekerja sama memperkuat soliditas untuk membangun reformasi birokrasi.

Predikat tersebut, ujarnya, diperoleh berkat upaya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Pembangunan zona integritas tidak dapat dikerjakan pemimpin atau saya sendiri, tetapi merupakan kerja bersama," kata Christian.

Oleh karena itu, dia berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, Bupati Wonogiri, Dandim 0728/Wonogiri, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Pengadilan Negeri (PN), dan para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Wonogiri yang sudah memberi dukungan.

"Hal ini sesuatu yang luar biasa di akhir tahun ini," ujar Christian.

Selain itu, dia juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung dan mengawasi pencanangan zona integritas.

Christian meminta masyarakat terus mengawasi, menilai, dan mengisi survei agar dapat menunjukkan pelayanan mana saja yang perlu evaluasi.

Christian mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan perubahan dan reformasi birokrasi.

Ia mengatakan, pihaknya menargetkan meraih predikat (WBBM) 2021.

Pada acara penganugerahan Zona Integritas menuju WBK tersebut dilaksanakan secara virtual dan diikuti 3.691 instansi dari seluruh Indonesia.

Untuk Jawa Tengah, kata dia, hanya lima polres yang menerima penghargaan dalam acara tersebut, yakni Polres Kudus, Kota Magelang, Kota Tegal, Boyolali, dan Wonogiri.