Pemprov Kalteng Dapat Predikat 'Sehat' dari Kemenpan-RB
Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Lilis Suriani. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) meraih predikat 'Sehat' dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam survei indeks BerAKHLAK 2022.

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Lilis Suriani, di Palangka Raya, Minggu 15 Januari, mengatakan secara keseluruhan Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN tergolong dalam kategori A dengan predikat 'Sehat' dan memperoleh persentase sebesar 75,3 persen.

"Dengan catatan yakni budaya organisasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sehat dan produktif," kata Lilis dikutip dari Antara.

Seluruh penilaian didasarkan pada laporan pengukuran survei pemetaan dan pengukuran budaya kerja ASN dan indeks BerAKHLAK Pemerintah Provinsi Kalteng yang disusun Kemenpan-RB.

Dia menjelaskan dalam laporan survei pemetaan dan pengukuran budaya kerja ASN dan indeks BerAKHLAK diinformasikan tentang tujuh tahapan penguatan budaya kerja ASN BerAKHLAK yang disusun Kemenpan-RB.

Tahapan tersebut meliputi internalisasi, penyelarasan sistem, pengukuran baseline (garis dasar), penyusunan dan implementasi agenda perubahan, pemantauan dan evaluasi, penghargaan dan apresiasi, serta penguatan secara berkelanjutan.

"Hal ini dilakukan guna memperkuat nilai budaya kerja ASN yang nanti akan dinilai ke depannya melalui survei pada tahun mendatang," ujarnya lagi.

Survei Indeks BerAKHLAK 2022 baru pertama kali dilaksanakan yang tujuannya untuk mengetahui seberapa sehat dan baiknya budaya organisasi, yaitu implementasi nilai inti (core values) ASN BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal.

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Lilis Suriani menuturkan bahwa dengan diperolehnya hasil survei pemetaan dan pengukuran budaya kerja ASN predikat 'Sehat' ini, maka diharapkan para pegawai tidak cepat puas dan terus meningkatkan kinerja.

Hal tersebut juga sebagai implementasi terhadap nilai-nilai dasar ASN berAKHLAK dalam mewujudkan Provinsi Kalteng Makin BERKAH (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis).