Survei Charta Politika: Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Posisi Cawapres
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi tertinggi berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia. Dia mendapat dukungan sebesar 21,4 persen dari 1.220 responden.

"(Hasilnya, red) pada kategori wakil presiden, Ridwan Kamil meraih 21,4 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya pada Kamis, 22 Desember.

Sementara di posisi kedua, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan elektabilitas mencapai 17,6 persen. "(Ini, red) menjadi pilihan tertinggi responden," tegas Yunarto.

Berikutnya, nama Agus Harimurti Yudhoyono juga muncul sebagai cawapres dengan elektabilitas mencapai 10,3 persen; Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 8,4 persen; dan Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas mencapai 6,1 persen.

Terkait tingginya elektabilitas Ridwan Kamil, Yunarto mengatakan terjadi peningkatan dari Desember 2021 sebesar 17,4 persen. Penyebabnya, gubernur itu turun langsung ke lokasi bencana saat gempa bumi Cianjur.

Tak hanya itu, Kang Emil juga memimpin dan mengarahkan jajarannya. Termasuk, berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur demi mempercepat proses evakuasi dan pengiriman logistik bagi para pengungsi.

Selain itu, ada sejumlah langkah yang membuat RK jadi perhatian publik. Salah satunya, meluncurkan latform pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Data Gempa Cianjur) yang dapat diakses lewat pisodapur.jabarprov.go.id.

Pada layanan itu, masyarakat bisa mengajukan bantuan logistik, pendaftaran relawan di lokasi terdampak, hingga aduan tentang rumah rusak dan alur distribusi logistik.

Charta Politika Indonesia menggelar survei pada 8-16 Desember 2022 lewat wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Metodelogi yang digunakan dengan multistage random dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.