Menimbang Cawapres Potensial Menurut Beberapa Survei, Kluster Menteri Cukup Diunggulkan
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno (Foto via Twitter pribadi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) calon presiden dan wakil presiden 2024 sudah di depan mata. Kontestasi politik menuju kepemimpinan baru Indonesia pun sudah cukup terasa. Nama-nama yang digadang-gadang bakal menjadi capres sudah melakukan berbagai gerakan untuk meningkatkan elektabilitas. 

Tak hanya capres, kandidat kuat cawapres 2024 pun juga sudah diperhitungkan oleh publik. Berbagai lembaga survei pun merilis elektabilitas nama-nama yang potensial menjadi cawapres.

Kandidat yang diunggulkan menjadi pendamping presiden muncul dari berbagai elektabilitas, mulai dari Menteri hingga pemimpin daerah.

Berikut Cawapres Pontensial Menurut Survei

Lembaga Survei Charta Politika

Lembaga survey Charta Politika mengeluarkan hasil survei elektabilitas nama pontensial cawapres 2024. Kandidat terkuat ialah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Charta Politika melakukan survei pada 6-13 September 2022 dengan sistem atau face to face interview atau wawancara tatap muka. Metode pengambilan sampel dilakuakn dengan multistage random sampling. 

Jumlah sampel yang diambil dalam survei sebanyak 1.220 dengan margin of error 2,82%. Responden berkriteria minimal usia 17 tahun dan sudah memenuhi syarat menjadi pemilih. 

Survei Indopol

Hasil survei dari Lembaga Survei Indopol menunjukkan elektabilitas cawapres paling potensial Pemilu 2024 dipegang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Indopol melakukan survei pada 24 Juni - 1 Juli 2024 dengan sistem random responden.

Jumlah responden dalam survei Indopol sebanyak 1230 orang dengan margin error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%. Dari survei tersebut, Anies unggul dengan elektabilitas 14,96%. Di urutan kedua ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 13,25%. Disusul di posisi ketiga ialah Ridwan Kamil dengan elektabilitas 10,24%. 

Survei LSI

Lembaga Survei Indonesia melakukan survei elektabilitas capres dan cawapres terkuat pemilu 2024 pada 13-21 Agustus 2022. Hasil survei menujukkan Ridwal Kamil unggul sebagai cawapres potensial dengan suara 16,6%. Anies Baswedan menyusul di urutan kedua dengan suara 14,1%. Sementara itu di posisi ketiga ialah Sandiaga Uno dengan raihan 10%.

Survei yang dilakukan LSI melibatkan sebanyak 1220 responden. Kriteria responden berusia minimal 17 tahun. Dalam survei tersebut, margin off error mencapai 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei Indikator Politik Indonesia

Hasil survei Indikator Politik Indonesia untuk capres dan cawapres 2024 menujukkan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki suara tertinggi sebagai cawapres paling potensial. Erick tidak hanya meraih elektabilitas kuat, namun juga mampu mendapat akseptabilitas atau penerimaan di publik.

Cawapres Erick Thohir, nama lain yang mempunyai elektabilitas tinggi sebagai cawapres adalah Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil. Nama-nama tersebut meraih nilai yang konsisten sebagai nama-nama yang diinginkan publik. 

Lembaga Survei Poltracking Indonesia

Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei cawapres dengan elektabilitas tinggi untuk Pemilu 2024. Nama Erick Thohir menempati urutan teratas dengan raihan 10,8%. 

Arus Survei Indonesia

Lembaga survei Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan kandidat terkuat sebagai cawapres 2024 dari kluster menteri diduduki oleh Erick Thohir. Menteri BUMN ini memiliki elektabilitas sebanyak 22,2%. Elektabilitasnya bahkan lebih tinggi dari Sandiaga Uno yang sebelumnya sudah pernah terjun dalam kontestasi demokrasi. 

Itulah nama-nama cawapres potensial menurut berbagai lembaga survei. Nama Erick Thohir mendapat elektabilitas tertinggi dari beberapa hasil survei. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.