Tim Gegana Jaga Ratusan Gereja Saat Perayaan Natal di Jakpus
Ilustrasi gereja/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA – Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat akan melakukan penjagaan di 137 gereja menjelang perayaan Natal 2022.

"Dari data yang kita pegang ada 154 gereja yang ada di Jakarta Pusat, tapi yang baru konfirmasi adanya kegiatan ibadah 137 gereja," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Selasa, 20 Desember.

Kombes Komarudin menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan penjagaan gereja juga akan diterjunkan Tim Gegana. Namun penerjunan Tim Gegana tersebut harus dilihat dari tingkat kerawanan di wilayah.

"Pengamanan akan kita sesuaikan dengan karakteristik tingkat kerawanan di tiap-tiap gereja," katanya.

Sementara, Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwandi mengatakan, pihaknya memperkirakan akan ada ribuan jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal. Misa Natal akan dimulai sejak 24 hingga 25 Desember 2022.

"Dalam satu hari akan ada 3 kali Misa Natal. Jumlah jemaat dalam setiap ibadah Misa Natal akan mencapai 1500 jemaat," ujarnya.

Jemaat yang dapat mengikuti ibadah perayaan natal hanya jemaat yang mendaftar secara online. Para jemaat juga diminta untuk tetap patuhi protokol kesehatan (prokes).

"Masuk ke dalam gereja selalu daftar dari online harus punya peduli lindungi. Jemaat juga kita minta tetap pakai masker selama peribadatan misa natal," ucapnya.