Tim Penjinak Bom Lakukan Sterilisasi 8 Gereja di Serang
Ilustrasi penjinak bom (antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang perayaan Natal 2023 tim penjinak bom (jibom) Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan sterilisasi di delapan gereja yang ada di wilayah Kota Serang, Minggu, 24 Desember, kemarin.

Kanit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten, Ipda Aris Widodo, di Serang, Banten, Minggu, mengatakan sterilisasi ini sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaat saat menjalankan Misa Natal.

"Sterilisasi Gereja di wilayah Kota Serang sesuai arahan dari Kapolda Banten. Karena Kota Serang ini terdapat gereja besar yang akan melaksanakan ibadah natal," katanya mengutip Antara.

Aris menyebutkan, sebanyak satu tim Jibom dikerahkan untuk melaksanakan sterilisasi Gereja. Selain itu, tim melibatkan petugas pendeteksi radioaktif untuk melakukan sterilisasi di wilayah Kota Serang.

Sterilisasi dilaksanakan mulai dari lokasi parkir, depan gereja, pintu masuk gereja, taman di sekitar gereja, hingga bagian dalam sampai altar.

“Target pemeriksaan kita, orang, benda, dan tempat kegiatan supaya dapat diantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Kemudian, kata Sugeng, pemeriksaan juga dilakukan di pot-pot bunga bahkan tempat sampah untuk menjamin rasa aman dan nyaman kepada umat Kristen yang akan menjalankan misa Natal.

"Untuk sterilisasi yang sudah kami lakukan di beberapa gereja, dinyatakan aman. Tidak ditemukan barang-barang atau benda-benda mencurigakan," paparnya.