Sambut Natal, Personel Gabungan Fokus Pengamanan 8 Gereja Besar di Jaktim
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Leo Simarmata (Rizky Sulistio VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sambut perayaan natal, Polres Metro Jakarta Timur memperketat keamanan di 8 gereja dengan jumlah jemaat terbesar dari 200 gereja yang ada di Jakarta Timur. Pengetatan penjagaan dilakukan oleh personel gabungan tiga pilar dan Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Metro Jaya.

"Kami sterilisasi di gereja - gereja yang cukup besar umatnya, kapasitasnya. Untuk pelaksanaan malam Natal ada sekitar 200 gereja di Jakarta Timur, tapi yang besar ada delapan gereja," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Leo Simarmata kepada VOI di lokasi sterilisasi gereja Santo Antonius, Jalan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 24 Desember.

Pengecekan dan sterilisasi pertama dilakukan di Gereja Koinonia yang berada di Jalan Matraman Raya, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Gereja Koinonia ini merupakan salah satu gereja tertua yang ada di Jakarta Timur dan pernah diancam teror bom pada tahun 2000 lalu.

"Sterilisasi dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala ancaman dan teror. Agar para jemaat dapat beribadah dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Sterilisasi gereja dilakukan di gereja Koinonia, gereja Santo Antonius di Bidara Cina, Santo Yusuf di Matraman, gereja Kudus di Pulogadung dan gereja Santa Ana di Duren Sawit.

"Kita bersama dengan pengurus gereja memastikan bahwa pelaksanaan malam Natal ini, Misa nanti bisa berjalan dengan lancar. Karena pelaksanaan tidak hanya satu kali, tapi bisa dua kali hingga tiga kali," katanya.

Sementara untuk personel yang dilibatkan sebanyak 180 orang guna mengamankan ibadah Natal di sejumlah gereja.

"Untuk keseluruhan pengamanan di Jakarta timur, kita melibatkan 180 personel yang sudah terbagi di delapan pos pengamanan. Delapan pos pengamanan ini melekat pada 8 gereja besar," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolres Metro Jakarta Timur memimpin sterilisasi sejumlah gereja di Jakarta Timur. Salah satu gereja pertama yang dilakukan pemeriksaan berada di gereja Koinonia yang berada di Jalan Matraman Raya, tepatnya disamping Polres Metro Jakarta Timur, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 24 Desember, siang.

Pemeriksaan sterilisasi melibatkan sejumlah Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Metro Jaya mulai pukul 11.00 WIB.