Petugas Gabungan Bakal Jaga Ketat 151 Gereja di Jaktim
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah gereja di wilayah Jakarta Timur bakal dijaga ketat petugas gabungan di bawah koordinasi Polres Metro Jakarta Timur pada perayaan Natal 2021 nanti.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan memastikan, pihaknya akan menempatkan personel pada seluruh gereja agar tak terjadi gangguan keamanan saat Natal.

"Kita ada 250an gereja, tercatat ada 151 gereja yang melakukan aktivitas (ibadah secara offline). Kami tempatkan sekitar 90 personel di tempat-tempat itu," kata Kapolres kepada wartawan, Kamis 23 Desember.

Nantinya jajaran Polres akan berkoordinasi dengan Kodim 0505 dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur yang juga mengerahkan personel untuk membantu pengamanan ibadah Natal di gereja.

Pihaknya pun akan bekerja sama dengan pengurus masing-masing gereja dalam pelaksanaan pengamanan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (proses) pencegahan COVID-19, berjalan.

"Mulai dari sterilisasi sampai bantuan pengamanan, sekaligus menyarankan atau menginisiasi aplikasi PeduliLindungi di setiap rumah ibadah," ucapnya.

Adapun jumlah personel gabungan yang dikerahkan pada apel tersebut sebanyak 770 petugas gabungan. Selain pengamanan ibadah Natal di gereja, petugas gabungan juga mengantisipasi gangguan keamanan pada malam pergantian tahun baru yang rawan terjadi tawuran.

"Penekanan dari bapak Kapolri untuk pemetaan karakteristik kerawanan di daerah masing-masing. Diperintahkan ke kepala satuan wilayah, maka di Jaktim kita sangat konsen terhadap tawuran," katanya.