Kapolri Pastikan Pemberlakuan <i>Contraflow</i> hingga <i>One Way</i> Bila Terjadi Kemacetan Arus Libur Natal-Tahun Baru
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) bakal menerapkan rekayasa atau skema tertentu untuk mengurai kepadatan kendaraan di ruas tol saat libur Natal dan Tahun Baru. Skema rekayasa lalu lintas mulai dari contraflow hingga one way.

"Pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol tentu akan kita berlakukan proses rekayasa mulai dari contraflow sampai dengan one way atau satu arah," ujar Sigit, Senin, 19 Desember.

Korlantas disebut kapolri akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait mekanisme penyiapan pemberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Tentunya ini nanti akan kita putuskan bersama dengan teman-teman Kementerian Perhubungan dari Jasa Marga kapan pada saat kita melakukan contraflow dan kapan ada saat kita melakukan one way," sebutnya.

Skema arus lalu lintas penting dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan. Sebelumnya Sigit menyebut akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat saat libut Natal dan Tahun Baru. Jumlahnya diprediksi mencapai 44 juta orang.

"Berdasarkan data dari Kemenhub akan ada peningkatan 44 juta yang akan melaksanakan mobilitas," kata Kapolri.