Bagikan:

JAKARTA - Humas PT KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan, Stasiun Jatinegara dan Karawang sudah dapat beroperasi untuk melayani naik turun penumpang keberangkatan 7 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen mulai tanggal 22 sampai 31 Desember libur Natal dan tahun baru.

Dari tujuh kereta api tersebut, tiga kereta diantaranya hanya melayani naik turun penumpang di Stasiun Jatinegara dan empat kereta lainnya di Stasiun Karawang.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari kepadatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Kita memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KAJJ di area Daop 1 Jakarta sehingga memiliki stasiun alternatif untuk melakukan proses pemeriksaan tiket dan naik kereta api (KA)," kata Eva saat dikonfirmasi VOI, Senin, 19 Desember.

Sementara 3 kereta api keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang berhenti melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara adalah kereta KA 7004A Argo Muria Tambahan tujuan Semarang Tawang, berangkat dari St Gambir pukul 00.35 WIB.

KA 7026B Taksaka Tambahan tujuan Yogyakarta, berangkat dari St Gambir pukul 23.45 WIB dan KA 252A Majapahit tujuan Malang, berangkat dari St Pasar Senen pukul 20.10 WIB.

Selanjutnya 4 kereta api keberangkatan Stasiun Pasar Senen yang berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang adalah KA 7032A Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi, berangkat dari St Pasar Senen pukul 05.30 WIB.

KA 7034A Brantas Tambahan tujuan Blitar, berangkat dari St Pasar Senen pukul 12.05 WIB. KA 258C Jaka Tingkir tujuan Purwosari, berangkat dari St Pasar Senen pukul 12.50 WIB dan KA 310A Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 21.40 WIB.

Empat kereta tersebut juga akan berhenti pada proses kedatangan hanya di Stasiun Karawang. Pelayanan operasi KA di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Karawang hanya berlaku untuk layanan naik dan turun penumpang.

"Stasiun Jatinegara dan Stasiun Karawang tidak berlaku untuk pembelian tiket, tidak ada loket penjualan tiket KA jarak jauh. Jika pengguna ingin membeli tiket pada 7 KA tersebut maka tetap memilih relasi keberangkatan awal yakni dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau agen penjualan tiket online dan retail yang telah bekerjasama dengan KAI secara resmi," ujarnya.