JAKARTA - Seperangkat gen kritis yang terkait dengan kuda pacu yang sukses, berhasil diidentifikasi oleh tim peneliti yang memungkinkan peternak menentukan juara pacuan kuda berikutnya.

Para ilmuwan membandingkan genom kuda pacu ras Arab dan Mongolia dengan kuda yang dibiakkan untuk olahraga dan rekreasi lainnya.

Mereka menemukan satu set gen bermanfaat yang menunjukkan keunggulan yang jelas dalam otot, metabolisme dan neurobiologi.

Namun, tidak semua kuda dalam ras balap memiliki versi gen yang menguntungkan, sehingga para ilmuwan mengatakan temuan ini akan berguna untuk mengidentifikasi kuda yang paling cocok untuk balapan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan dari Asia, Eropa, Amerika Utara dan perusahaan sains kuda Irlandia, Plusvital.

ilustrasi kuda
Ilustrasi kuda. (Unsplash/Helena Lopes)

Studi yang dipublikasikan di 'Communications Biology', sebuah jurnal akses terbuka dari 'Nature', melibatkan pengumpulan sampel rambut dari 100 kuda milik juara Ajnai Sharga Horse Racing Team di peternakan mereka di provinsi Khentii, Mongolia, tempat kelahiran Jenghis Khan.

Menggunakan DNA dari kuda balap Mongolia ini, bersama dengan ras murni dan kuda balap Arab, para ilmuwan membandingkan genom dengan 21 ras non-balap lainnya, seperti Clydesdale, kuda poni Connemara, Hanoverian, Morgan, Norwegian Fjord, Paint, Shetland dan Shire, mengidentifikasi tujuh gen penting untuk balapan.

Di antara gen teratas adalah NTM, yang berfungsi dalam perkembangan otak dan memengaruhi pembelajaran dan memori. Gen ini dipilih selama proses domestikasi kuda, dan pada kuda pacu ras mempengaruhi apakah kuda pernah balapan.

"Sejak penemuan 'gen kecepatan' pada tahun 2009, kami telah menghasilkan data genetik untuk ribuan ras dan kuda dari ras lain," kata Profesor Emmeline Hill dari Universitas College Dublin, ilmuwan utama pada proyek dan kepala petugas sains di Plusvital, melansir The National News 13 Desember.

"Ini adalah pertama kalinya rangkaian gen ini dikaitkan dengan keberhasilan ras balap. Dua dari gen sebelumnya telah diidentifikasi untuk penampilan pada ras murni dan Arab, tetapi pendekatan yang kami ambil adalah menanyakan gen apa yang umum untuk semua ras balap dan berbeda dari ras non-balap," terangnya.

"Jumlah peternakan kuda yang sangat besar yang dikembangkan selama ratusan tahun terakhir di seluruh dunia telah dibentuk dengan hati-hati oleh pembiakan selektif untuk sifat berbeda yang diinginkan oleh peternak. Hal ini menyebabkan kuda tinggi, kuda kecil, kuda penarik yang kuat, kuda tunggangan yang berguna, dan kuda balap cepat."

ilustrasi kuda
Ilustrasi kuda. (Unsplash/Timur Romanov)

"Kami telah menemukan satu set gen yang umum pada kuda balap, tetapi tidak semua kuda dalam ras balap memiliki versi gen yang menguntungkan, jadi temuan ini akan berguna untuk mengidentifikasi individu yang paling cocok dalam ras untuk balapan atau pembiakan," tandasnya.

Sementara itu, Profesor UCD David MacHugh yang ikut menulis penelitian ini mengatakan, balap adalah "sifat multifaktorial", artinya manajemen dan pelatihan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keberhasilan kuda pacu.

Namun, dia mengatakan bahwa penelitian tersebut memberikan "bukti bagus untuk gen dengan efek besar yang membentuk sifat balap pada populasi kuda".

Adapun Dr. Haige Han, kolaborator proyek lain dan penulis pertama makalah tersebut, mengatakan: "Menguji varian ini pada set baru ratusan kuda dari ras balap dan non-balap mengidentifikasi tujuh gen penting untuk balapan."

"Gen-gen ini memiliki peran dalam fungsi otot, metabolisme, dan neurobiologis, dan merupakan pusat kemampuan balap di antara ras kuda," sambungnya.

Diketahui, para peneliti menggunakan data ekspresi dari otot kerangka kuda ras murni, untuk menyelidiki apakah gen yang mereka identifikasi terlibat dalam respons otot terhadap latihan dan latihan.

"Dengan mengintegrasikan dua kumpulan data yang berbeda ini, kami menyempurnakan daftar gen balap menjadi yang paling relevan secara biologis dengan balap," ujar Hill.

"Salah satu gen tersebut adalah MYLK2 yang dibutuhkan untuk kontraksi otot. Pada manusia, MYLK2 dikaitkan dengan kerusakan otot akibat olahraga," pungkasnya.