Bagikan:

JAKARTA - Hewan darat tertua di dunia, kura-kura raksasa Seychelles bernama Jonathan, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-190.

Jonathan diperkirakan lahir pada tahun 1832, mendahului penemuan perangko pos, telepon dan foto. Meskipun tidak ada catatan nyata tentang kelahirannya, Jonathan diperkirakan lahir sekitar tahun 1832.

Tapi, Jonathan sebenarnya bisa berusia 200 tahun, menurut Matt Joshua, kepala pariwisata di St. Helena, seperti melansir CNN 3 Desember.

Menurut Rekor Dunia Guinness, Jonathan juga merupakan Chelonian tertua, kategori yang mencakup semua kura-kura, terrapin, dan kura-kura.

Chelonian tertua sebelumnya adalah Tu'i Malila, kura-kura terpancar yang hidup setidaknya 188 tahun. Dipersembahkan kepada keluarga kerajaan Tonga oleh penjelajah Inggris Kapten James Cook sekitar tahun 1777, Tu'i Malila meninggal pada tahun 1965.

Jonathan dibawa ke St Helena dari Seychelles pada tahun 1882 sebagai hadiah untuk Sir William Grey-Wilson, yang kemudian menjadi gubernur.

Usianya adalah perkiraan, berdasarkan fakta bahwa ia sudah dewasa sepenuhnya (dan karenanya setidaknya berusia 50 tahun) ketika ia tiba di pulau itu pada tahun 1882.

kura-kura jonathan
Kura-kura Jonathan. (Twitter/@sthelenatourism)

"Orang sering menanyakan tanggal ulang tahun Jonathan kepada kami. Jawabannya adalah kami tidak tahu," tulis situs web Saint Helena Island, mengutip Euronews.

Makhluk ikonik itu hidup melalui Perang Saudara AS, sebagian besar masa pemerintahan Ratu Victoria, kebangkitan dan kejatuhan Uni Soviet, dan dua perang dunia.

Hidup sebagai kura-kura tertua dunia Dd St. Helena, Jonathan adalah seorang selebritas. Hewan tua itu hidup bersama tiga kura-kura raksasa lainnya, David, Emma dan Fred.

Usia tua telah membuat Jonathan buta dan tidak memiliki indra penciuman, pendengarannya sangat baik. Tetapi menurut Guinness World Records, dia merespon dengan baik suara dokter hewannya.

Meskipun beberapa indranya sekarang melemah, dokter hewan Jonathan, Joe Hollins, mengatakan kepada Guinness World Records, hewan itu masih memiliki banyak energi.

"Pada hari-hari hangat, dia akan berjemur - leher dan kakinya yang panjang terentang sepenuhnya dari cangkangnya untuk menyerap panas dan memindahkannya ke intinya," kata Hollins.

Dalam cuaca yang lebih dingin, ia lebih suka "menggali dirinya sendiri ke dalam cetakan daun atau potongan rumput dan tetap di sana sepanjang hari".

Diketahui, Jonathan adalah harta nasional, ditampilkan di balik koin lima pence St Helena. Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di rumah Gubernur St. Helena, pulau yang terletak di Atlantik Selatan.