Bareskrim: Hasil Autopsi Ada 18 Luka Tembak di Tubuh 6 Laskar FPI
Mabes Polri

Bagikan:

JAKARTA - Bareskrim Polri sudah mengantongi hasil autopsi enam jasad laskar khusus FPI pengawal Rizieq Shihab. Ditemukan 18 bekas luka tembak di tubuh para laskar yang disebut menyerang polisi.

"Secara umum, yang bisa saya sampaikan ke publik, luka tembak ada 18 (di 6 jenazah)," KATA Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian kepada wartawan, Jumat, 18 Desember.

Namun, Andi tidak memaparkan secara rinci jumlah bekas luka tembak disetiap jenazah itu. Alasannya, hal itu masuk dalam materi penyidikan.

"Itu materi penyidikan. Kita bicara yang umum saja," kata dia.

Sementara soal tudingan temuan luka lebam di salah satu jasad laskar, Andi menegaskan hal itu tidak ada dari hasil autopsi. Hanya ada bekas luka tembak yang ditemukan. 

"Tidak ada tanda-tanda kekerasan lain," kata Andi.

Sebelumnya diberitakan, Pengacara Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar mengungkapkan ditemukan banyak bekas luka tembak di enam jenazah laskar khusus pengawal Rizieq Shihab. Bahkan, satu di antaranya ditemukan beberapa bekas luka tembak.

"Ada satu jenazah dengan tiga luka tembak," ujar Aziz kepada VOI, Rabu, 9 Desember.

Dari ketiga bekas tembak itu, Aziz menyebut seluruh tembakan polisi menembus tubuh anggota laskar. Tapi tak dijelaskan secara rinci bagian yang mengalami luka tembak.

Sementara untuk sisanya, Aziz menyebut juga mengalami kondisi serupa. Tapi dia tak melihat secara langsung.

"Informasinya seperti itu (banyak luka tembak di jenazah lain)," ujar dia.